Jumat, 10 November 2017





Catatan Rizqi : Kelompok Studi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta


Logo UPN "Veteran" Jakarta


Assalamualaikum Wr. Wb

Komputer??
Slash!! 
aku cinta FIK
FIK Memang Hebat!
Utamakan Logika!
Logic...Logic....Logic!
Slash!!

Yap, barusan tadi adalah salam pembuka dari Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jakarta, tempat dimana saya sekarang melanjutkan studi saya setelah SMA. Sudah sekian lama tidak mengurus blog saya selama SMA, kali ini saya sudah berkuliah di UPN "Veteran" Jakarta, tepatnya saya berkuliah di Fakultas Ilmu Komputer dengan prodi S1 - Sistem Informasi. 


Di artikel ini saya akan menulis suatu artikel tentang KSM di FIK UPNVJ. Mungkin banyak yang belum tahu, apa itu KSM. KSM adalah singkatan dari kelompok studi mahasiswa, yaitu wadah para mahasiswa FIK untuk mendalami dan menambah ilmu serta bertukar pikiran dengan mahasiswa FIK lainnya. Tanpa basa basi lagi, berikut ini KSM yang ada di Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jakarta

KSM yang ada di FIK UPN "Veteran" Jakarta :



  • KSM Robotik 
KSM Robotik adalah salah satu KSM tertua di FIK UPNVJ, tepatnya dari sejak awal FIK berdiri pada sekitar tahun 80an. Pembimbing KSM ini adalah Pak Didit. Di KSM ini kita akan mengenal dan mempelajari mengenai seluk beluk dunia robotik, bagaimana cara membuat suatu prototype robot, mengoperasikan robot, pokoknya banyak banget deh keseruan yang bisa didapat di KSM robotik. 

  • KSM Cyber Batalyon 
Mendengar kata cyber batalyon, pasti sudah tidak asing lagi dengan dunia keamanan komputer.  Ya, karena KSM Cyber Security merupakan wujud dari kelompok studi yang mempelajari dunia keamanan komputer. Pembimbingnya adalah pak Bayu. Disini kita diajarin gimana sih keamanan komputer itu, ancamannya, sama bagaimana cara memeranginya. Karena UPN Veteran Jakarta adalah Universitas bela negara, tak dipungkiri lagi bahwa KSM ini dapat menjadi garda terdepan NKRI dalam menanggulangi cyber attack yang dapat menghancurkan suatu negara.  Namun, jika ingin bergabung dengan KSM Cyber, anda tampaknya harus menunggu selama setahun, karena KSM ini hanya membuka pendaftaran setiap 1 tahun sekali. Seleksi KSM ini sangat ketat, karena dibutuhkan skill dan kompetensi yang baik dan bagus, karena output yang diharapkan dari KSM ini adalah mahasiswa yang berkarakter bela negara serta menguasai teknik keamanan komputer.

  • KSM Android
KSM Android merupakan KSM paling populer di kalangan mahasiswa FIK, mengapa KSM ini populer sekali?.  Ya, karena KSM ini mengajarkan dan mengenalkan mahasiswa FIK terhadap dunia programming, anggota KSM android biasanya diajarkan membuat program dengan bahasa Pascal, C, dan C++.  Selain itu, KSM ini seleksinya tidak seketat KSM Cyber security, sehingga ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa FIK yang ingin bergabung di KSM Android ini.

  • KSM Multimedia
Mungkin ini bisa kita katakan, bahwa KSM inilah yang "fresh from the oven", mengapa begitu?.  Karena KSM ini baru terbentuk pada bulan Oktober 2017, sehingga ini termasuk KSM yang paling baru.  Disini kita akan diajarkan seluk beluk dunia multimedia seperti videografi, dan sebagainya. Oh iya, karena KSM ini baru, maka mahasiswa FIK yang ingin bergabung dan menyalurkan skill di dunia multimedia boleh banget gabung disini. 



Sekian tulisan saya tentang apa saja KSM di UPN Veteran Jakarta, apabila ada kesalahan kata maupun penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa
Sekian dan terimakasih

Komputer??
Slash!!
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar